Sekilas Tentang ASKRIDA
By Unknown - Minggu, 27 Oktober 2013
Dari
generasi ke generasi, dari semua kisah keberadaan manusia, dan dalam
setiap komunitasnya, manusia terus bergulat dengan permasalahan mengenai
keamanan dan bahaya yang terus menerus mengancam mereka serta bagaimana
menghadapi dunia yang tidak menentu ini. Puji syukur kepada Tuhan yang
Maha Kuasa, bahwa keberadaan manusia moderen sekarang ini telah
menawarkan kepada kita keamanan, perlindungan, dan kenyamanan – tetapi
tetap tidak mampu untuk melindungi kita dari bencana alam seperti gempa
bumi, tsunami ataupun bahaya kebakaran. Dan kita adalah mahluk hidup:
Kehidupan manusia itu sangat rapuh, dan juga sangat singkat. Inilah yang
melatarbelakangi kelahiran bisnis asuransi, yang sekarang ini sudah
sangat berkembang luas, menawarkan kepada manusia dukungan mereka disaat
harus melewati masa-masa sulit dan juga bencana. Indonesia, negeri
kepulauan besar yang sangat indah, yang memiliki lebih dari tigabelas
ribu pulau, berdiri di atas “lingkaran api”, dan yang dikenal sangat
rentan akan bermacam-macam bencana alam.
Sebagai
sebuah negeri kepulauan yang beriklim tropis maka struktur iklimnya
juga sangat rentan dengan cuaca buruk setiap waktu. Itulah yang
melatarbelakangi kami untuk mendirikan sebuah perusahaan asuransi, yang
menawarkan dukungan kepada pembangunan nasional. PT Asuransi Bangun
Askrida, atau yang biasa disebut “Askrida”, didirikan oleh pemerintah
Republik Indonesia sebagai sebuah perusahaan pemerintah (BUMN) yang
menawarkan perlindungan asuransi atas semua resiko dan kehilangan,
khususnya bagi gedung-gedung pemerintahan dan juga asset-aset milik
pemerintah lainnya.
Perusahaan
ini adalah perusahaan asuransi berskala nasional, yang didirikan pada
tanggal 2 Desember 1989 dibawah badan hukum Raharti Sudjardjati, SH, dan
dengan persetujuan dari Departemen Keuangan Republik Indonesia
(berdasarkan keputusan pemerintah No. KEP.192/KM.B/1990, dd. 14 March
1990). Pertama kali berdiri perusahaan ini dimiliki oleh Bank
Pembangunan Daerah (BPD), lalu pada tahun 1996 sebuah keputusan penting
dibuat oleh Menteri Dalam Negeri yang bertujuan untuk memperluas
kepemilikan perusahaan asuransi ini, dengan mengikutsertakan 33 instansi
pemerintahan daerah (propinsi), yang karenanya telah membuat profil
perusahaan menjadi lebih kuat khususnya dalam hal partisipasi Askrida
dalam mengembangkan industri asuransi di Indonesia.
Moto
yang dimiliki oleh Askrida adalah “Mitra dalam Usaha Pelindung dalam
Duka” dengan menawarkan solusi dalam bentuk perlindungan asuransi yang
lengkap dan cerdas. Seiring dengan berkembangnya jumlah pelanggan yang
sudah dilayani maka profil perusahaan ini juga semakin kuat, dan
masyarakat publik pun semakin mengenal lebih jauh mengenai perusahaan
ini. Dengan pemegang saham utama yang adalah Bank Pembangunan Daerah dan
juga Pemerintah Daerah Propinsi.
Visi dan Misi
Visi
Menjadi salah satu dari 10 besar perusahaan asuransi nasional yang
dikelola secara profesional dan mempunyai anak perusahaan yang saling
menunjang satu sama lain.
Misi
- Memajukan dan mengembangkan ASKRIDA agar dapat memberikan manfaat kepada Bank Pembangunan Daerah dan Pemerintah Provinsi selaku Shareholder.
- Mendorong tumbuhnya kesadaran berasuransi, khususnya dilingkungan Pemerintah Daerah (PEMDA), dan berusaha menjamin kepentingan-kepentingan PEMDA dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) serta masyarakat pada umumnya.
- Memberi pelayanan yang sebaik-baiknya kepada semua relasi.
BUDAYA PERUSAHAAN
Kebudayaan
itu dapat kita temukan dimana-mana. Kebudayaan dapat kita umpamakan
seperti udara yang kita hirup, dan seperti angin yang bertiup disekitar
kita. Dari sejak kanak-kanak kita belajar tentang kebudayaan, bahasa,
ekapresi wajah, dan tingkah laku yang benar – orangtua kita telah
mewariskan kebudayaan yang mereka anut kepada kita, dan dari kita pula,
kebudayaan tersebut akan diwariskan kembali kepada anak cucu kita. Dalam
dunia bisnis, istilah “kebudayaan korporat” telah menjadi suatu hal
yang menjadi tren. Hal itu menggambarkan tentang cara-cara yang unik
yang dimiliki oleh orang-orang yang berada dalam sebuah badan usaha,
yaitu bagaimana cara mereka merespon atas perilaku atasan mereka, rekan
kerja mereka dan perilaku orang-orang yang berada di bawah pengawasan
mereka. Apa yang boleh dan apa yang terbaik yang bisa dilakukan,
seberapa jauh dan kemana arahnya sebuah keputusan yang telah dibuat
semuanya itu unik, berbeda di masing-masing negara, di masing-masing
jenis usaha, dan di masing-masing organisasi tertentu.Didalam Askrida
kami telah menciptakan dan mengembangkan budaya korporat untuk mendukung
gaya bekerja dan memperlancar pencapaian tujuan yang dimilki oleh
setiap karyawan kami. Kami adalah perusahaan yang murni milik negara
Indonesia sehingga nilai-nilai yang kami anut berasal dari dalam dan
juga disesuaikan dengan gaya yang berlaku dalam kebudayaan masyarakat
Indonesia itu sendiri. dapat dijelaskan dalam Kelima Prinsip-Prinsip
Dasar berikut ini:
- TANGGAP Semua karyawan Askrida harus sadar akan situasi dan kondisi lingkungan terkini, dengan tetap membuka diri bagi adanya perubahan dan perkembangan yang mempengaruhi bisnis kami. Semua pertanyaan, komplen ataupun masukan harus dihargai dan ditanggapi dengan serius, dan harus segera direspon dengan cepat.
- TANGGUH Tidak cepat menyerah. Teruslah bekerja dan atasilah masalah dan segala tantangan sampai semua aspek dari isu yang muncul dapat ditanggulangi. Tetaplah teguh dan berpendirian dalam melakukan bisnis secara profesional.
- TELITI Setiap mahluk hidup membutuhkan perawatan, pengertian, kesabaran dan dukungan – bahkan disaat mereka menunjukkan sikap yang salah. Setiap karyawan Askrida harus mengaplikasikan ilmu, pengalaman dan juga belas kasihan dalam menjalankanilmu, pengalaman dan juga belas kasihan dalam menjalankan tugas yang diberikan.
- TERTIB Pengendalian diri: mentaati peraturan, prosedur dan hukum-hukum yang berlaku dalam melakukan transaksi bisnis. Sungguh-sungguh memiliki komitmen yang kuat untuk menyelesaikan tugas yang diberikan.
- TENTERAM Bekerja untuk menciptakan atmosfir kerja yang penuh kebaikan, saling mengerti, saling menghargai satu sama lain dan mengembangkan keterbukaan di antara sesama rekan kerja.
Kinerja Perusahaan
Selengkapnya :
Follow our blog on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS
0 komentar for "Sekilas Tentang ASKRIDA"