Latest News

5 Fakta & Mitos ‘Penyakit Lupa’

By Unknown - Sabtu, 02 November 2013

http://bloggerinformative.blogspot.com/2014/01/penawaran-pemasangan-iklan.html


KLIKDOKTER.com - Mungkin Anda pernah mendengar istilah ‘penyakit lupa’, atau kadang kala orang usia lanjut sering mengeluh suka melupakan hal tertentu. Janganlah Anda anggap sepele keluhan itu, karena bisa jadi keluhan itu merupakan bagian dari penyakit Alzheimer. Dan tidak sedikit juga salah paham mengenai kondisi ini di tengah masyarakat, simak fenomena paling umum dari sebagian mispersepsi Alzheimer di masyarakat:

  1. Mitos: Banyak Belajar Banyak Lupa
    Fakta: Salah. Lupa yang disebabkan oleh Alzheimer dikarenakan penurunan fungsi otak, dimana dipicu oleh kematian dari sel-sel otak. Selain itu, pada otak penderita Alzheimer juga ditemukan plak protein abnormal yang menyebabkan kematian sel.  Apabila dilakukan pemotongan pada otak penderita penyakit Alzheimer, terlihat otaknya menjadi lebih kecil dibandingkan otak normal. Nah kegiatan belajar justru melatih dan menjaga fungsi otak. Semakin konsisten Anda melatihnya, maka akan semakin baik performanya. Justru banyak belajar, tidak mudah lupa.
  2. Mitos: Ketika Tua Nanti Kita Semua Mutlak Pikun
    Fakta: Tidak sepenuhnya benar. Sebagian manula ditemukan masih memiliki daya ingat yang baik. Alzheimer merupakan kondisi penyakit yang terjadi pada sebagian orang di usia tua. Dari beberapa jurnal ditemukan saran pencegahan Alzheimer adalah berupa melatih otak dengan cara membaca, bermain puzzle, menulis jurnal keseharian, olahraga atau pun asupan makan. Dengan menjalankan kiat pencegahan Alzheimer, Anda dapat mengurangi risiko terkena Alzheimer di masa tua Anda dari sekarang.
  3. Mitos: Ukuran Otak Penderita Alzheimer Sama dengan Normal
    Fakta: Salah. Pada otak penderita Alzheimer ditemukan plak protein abnormal yang menyebabkan kematian sel.  Apabila dilakukan pemotongan pada otak penderita penyakit Alzheimer, terlihat otaknya menjadi lebih kecil dibandingkan otak normal.
  4. Mitos: Alzheimer Hanya Berdampak Pada Ingatan. Fakta: Salah. Pada keadaan penyakit yang lanjut, seorang penderita Alzheimer bisa memiliki kesulitan dalam mengganggu aktivitas sehari-hari dan mengalami gangguan berpikir. Penderita Alzheimer dapat memiliki masalah berbicara, merasa cemas dan gelisah. Berikut ini adalah beberapa gejala umum dari penyakit Alzheimer: Hilang ingatan, suka bingung dengan waktu dan tempat (disorientasi), gangguan berbicara, kesulitan menyelesaikan tugas yang biasa dilakukan, ceroboh dan lalai.
  5. Mitos: Ginkgo Biloba adalah Obat Alzheimer
    Fakta: Salah. National Center for Complementary dan Alternatif Medicine, bagian dari National Institutes of Health, Amerika Serikat mendanai sebuah penelitian mengenai ginkgo biloba yang melibatkan enam pusat medis dan lebih dari 3.000 orang berusia antara 72 hingga 96 tahun selama tujuh tahun. Hasil penelitian tidak menemukan hubungan ekstrak ginkgo biloba memberikan efek penurunan kognitif pada orang lanjut usia, khususnya memori, konstruksi visual-spasial, bahasa, perhatian dan kecepatan psikomotor.

Sampai saat ini belum ditemukan obat pasti untuk pengobatan Alzheimer. Terdapat beberapa obat-obatan untuk penyakit ini, dan penggunaannya harus berada dibawah supervisi dokter. Idealnya, pengobatan penyakit Alzheimer membutuhkan sebuah tim dokter yang melibatkan dokter penyakit dalam (spesialis geriatri-yang merawat orang tua), dokter  saraf, dan psikiater.

Selain itu, dukungan keluarga dan orang-orang terdekat juga diperlukan dalam membantu seorang penderita Alzheimer. Keluarga dapat membantu penderita Alzheimer untuk melakukan kegiatan sehari-hari, aktivias fisik dan melakukan interaksi sosial. Penderita Alzheimer juga perlu dibantu untuk mengingat dengan berbagai alat pembantu seperti kalender harian atau jurnal harian.

Apabila anda mengalami keluhan ini atau mengenal kerabat dengan keluhan yang dipaparkan diatas, ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.
http://bloggerinformative.blogspot.com/2014/01/penawaran-pemasangan-iklan.html

Follow our blog on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

0 komentar for "5 Fakta & Mitos ‘Penyakit Lupa’"

Leave a Reply

Blog Info